MOHON MAAF ! MASIH DALAM PERBAIKAN.
AKHBAR
POSTING TERKINI

Mengevaluasi Peran Mahasiswa Muslim

Dakwah islam di kampus-kampus telah mengalami banyak perkembangan. Perubahan dan perbaikan yang terjadi serta hasil-hasil sedikit demi sedikit dapat dirasakan. Pengelolaan dakwah kampus dengan manhaj dakwah kampus telah mengantarkannya pada kondisi seperti hari ini. Bergulirnya secara masif konsep dan format da’wah kampus yang didasarkan pada tiga kompetensi peran dan fungsi mahasiswa telah juga memperlihatkan capaian–capaian dan perkembangan yang dapat dicermati.

Mengacu pada konsep dan formulasi dakwah kampus yang telah digulirkan, yaitu bahwa mahasiswa memilki setidaknya 3 peran dan fungsi besar diantaranya;

Pertama: peran dan fungsi da’wiyah, sebagai benteng moral . Dimana seorang mahasiswa muslim dengan keIslamannya menjadi sesosok manusia berkepribadian Islam yang hidup ditengah masyarakat kampus dan menyebarkannya kepada yang lainnya. Dengan berpagar pada prinsip, nilai dan norma Islam, pribadi–pribadi ini hidup bersama dan berjalan dalam lingkungan kampus, yang dikemudian hari diharapkan terbangun sebuah komunitas mahasiswa sebagai sebuah entitas moral yang masif (moral credibility).


Kedua : peran dan fungsi intelectual, sebagai iron stock (cadangan keras). Tak dapat dipungkiri, keberadaan mahasiswa di kampus pada dasarnya mereka adalah orang-orang yang mencari tetes demi tetes tinta ilmu yang mengalir dalam bangku kuliah. Ini adalah misi asasi ketika seseorang memasuki dunia kampus sebagai mahasiswa. Sehingga budaya, kebiasaan dan cara berfikirnya pun di sinergikan dengan berbagai hal yang melingkupinya sebagai intelektual. Cerdas, objektif , argumentatif, ilmiah dan semangat berprestasi, itulah kira-kira serentetan sosok yang melekat pada dirinya. Dan secara futuristik kelompok masyarakat terbatas inilah yang akan banyak berperan dalam banyak partisipasi kehidupan bermasyarakat dan bernegara secara langsung. Jumlahnya memang terbatas dibandingkan orang kebanyakan. Karena memang kesempatan memperoleh pendidikan yang layak dinegeri ini masih terbatas. Inilah yang coba dikembangkan oleh da’wah kampus untuk membangun barisan intelektual yang cerdas, objektif, argumentatif, ilmiah dan semangat berprestasi yang berafiliasi pada Islam. Sehingga komintas yang terbangun menjadi sebuah entitas intelektual yang bervisi keummatan. (Intelectual credibility).

Ketiga : peran dan fungsi siyasiyah sebagai agent of change (agen perubahan).
Sudah menjadi tabiat sosial politik di dunia berkembang, dimana dalam proses penyelenggaraan bernegara dan bermasyarakat acapkali terjadi ketimpangan sosial yang tak terjembatani dan unbalancing power. Pada kondisi seperti ini biasanya, kampus dan mahasiswa sebagai bagian dari gerakan pro demokrasi dan perubahan, memainkan perannya secara signifikan sebagai jembatan sosial dan balancing power. Tak pelak lagi, layaknya kekuatan politik , gerakan mahasiswa mengambil perannya sebagai ‘oposisi’ bagi kekuasaan dengan ciri dan gayanya yang khas. Dalam kondisi yang demikian , da’wah kampus mengambil bagian perannya dalam menjembatani ketimpangan sosial tersebut , dan menjadi penyeimbang kekuasaan melalui gerakan mahasiswanya, dan tentunya dengan visi mengarahkan itu semua agar terjadi perubahan kearah yang lebih baik serta berpihak kepada ummat. (Social Political Crediblity)

Demikianlah peran dan fungsi mahasiswa muslim, seperti yang dirumuskan oleh para mu’asis da’wah kampus dengan kejelian bashirah dan keluasan wawasan yang jauh kedepan serta bacaannya pada medan yang cukup tajam.

Lalu pertanyaannya adalah :Sudah sejauh apakah perjalanan da’wah kampus yang sudah bergulir sedemikian lama dan penuh dinamika ? Juga seberapa pesat perkembangan dan capaian-capaian yang terjadi dari apa yang telah digariskan dalam ketiga peran dan fungsi yang dirumuskan ?

Sharing Informasi:

0 komentar untuk posting ini

Tinggalkan balasan

IKUTI UPDATE BLOG INI VIA EMAIL
Iklan Anda
Maktabah Al-HidayahKompilasi MP3 Ceramahspicytricks.com
Template By SpicyTrickS.comspicytricks.comSpicytricks.com
Banyak dilihat
Komentar Pengunjung
Pesan Akhi/Ukhti
Statistik
Arsip
Tautan
TUKAR LINK
PENGIKUT BLOG INI